5 Cara Penilaian Kinerja Karyawan Paling Akurat Saat Ini

Visi dan misi perusahaan tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya karyawan yang memiliki produktivitas kinerja yang tinggi.

Apabila suatu perusahaan tidak didukung dengan kinerja karyawan yang optimal, maka akan sulit bagi perusahaan mencapai tujuannya.

Oleh sebab itulah, perusahaan harus memastikan bahwa karyawannya mempunyai kinerja yang maksimal demi kesejahteraan diri maupun perkembangan perusahaan.

Salah satu cara untuk memastikan produktivitas kinerja karyawan yaitu melalui penilaian kinerja atau evaluasi kinerja karyawan secara rutin. Bagaimana caranya?

Berikut 5 cara penilaian kinerja karyawan yang dapat diterapkan perusahaan:

Menetapkan Standar Penilaian

Cara pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah menetapkan standar penilaian yang akan diterapkan pada karyawan.

Standar penilaian tersebut bertujuan untuk mendapatkan skor penilaian yang objektif atau tidak memihak karyawan tertentu.

Dalam membuat perencanaan tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal yang tidak merugikan salah satu pihak.

Standar penilaian ini umumnya berkaitan dengan tingkah laku, karakater individu, hasil kerja, serta gabungan antara tiga aspek tersebut.

Menggunakan Data yang Akurat

Untuk menghasilkan penilaian kinerja yang akurat, maka dibutuhkan juga data karyawan yang akurat.

Data yang digunakan bisa dirujuk dari berbagai sumber atau berbagai pihak dalam perusahaan tersebut.

Data tersebutlah yang akan mendukung proses penilaian kinerja karyawan menjadi lebih akurat dan terpercaya.

Melihat Produktivitas Karyawan

Produktivitas karyawan dapat dijadikan salah satu cara penilaian kinerja karyawan.

Perusahaan perlu melihat seberapa seberapa besar hasil kerja karyawan dalam perusahaan selama periode tertentu.

Bukan hanya itu saja, namun perusahaan juga bisa melihat peningkatan kualitas kinerja karyawan selama bekerja di perusahaan.

Menggunakan Feedback 360 Derajat

Feedback antar karyawan dapat dijadikan salah satu sumber bahan penilaian kinerja karyawan yang akurat.

Hal tersebut dikarenakan, melalui feedback 360 derajat atau feedback dari segala pihak merupakan penilaian langsung berdasarkan pengalaman setiap pihak.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat bagaimana kinerja karyawan Anda menurut kepala divisi atau bagaimana kinerja karyawan Anda menutut para pelanggan dan konsumen.

Menilai Keterlibatan Karyawan dalam Perusahaan

Cara terakhir untuk melakukan penilaian kinerja karyawan yaitu dengan melihat dan menilai bagaimana keterlibatan karyawan dalam urusan perusahaan.

Perusahaan dapat memantau sikap karyawan dalam kegiatan perusahaan baik yang dilakukan di dalam kantor maupun di lapangan.

Keterlibatan karyawan dalam kegiatan perusahaan mencerminkan bentuk keaktifan dan kontribusi karyawan kepada kemajuan perusahaannya.

LinovHR sebagai salah satu aplikasi sistem penilaian kinerja karyawan dapat membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih cepat dan akurat terhadap penilaian kinerja karyawan.

Software berbasis HRIS ini dirancang secara otomatis dan tingkat akurasi tinggi untuk menghasilkan skor penilaian yang kredibel dan reliable.

Itulah 5 cara melakukan penilaian kinerja karyawan yang bisa dilakukan perusahaan untuk menghasilkan skor penilaian yang lebih akurat.

Namun, proses penilaian kinerja karyawan akan semakin efektif dengan menggunakan aplikasi sistem penilaian kerja karyawan sehingga proses penilaian lebih mudah dan cepat,

Segera manfaatkan Aplikasi HRD Terbaik LinovHR untuk melakukan penilaian kinerja karyawan dengan efektif serta akurat daripada mengunakan sistem manua yang berpotensi banyak kesalahan.

You May Also Like

About the Author: Joe

Nama saya Joestar, biasa dipanggil Joe. Saya menyukai hal-hal teknologi terutama pada Telepon yang saat ini terus mengalami perkembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *