Cara Memperbaiki HP Android yang Konslet dengan Benar

Jika anda pernah mengalami kesulitan ketika mencharge HP, bisa jadi itu adalah salah satu indikasi kerusakan pada android anda. Berikut adalah cara memperbaiki HP android yang konslet.

Handphone atau yang biasa disingkat HP adalah salah satu alat komunikasi yang sangat berguna.

Di zaman modern ini, HP menjadi alat wajib yang harus dimiliki hampir semua orang.

Tanpa HP, akses informasi akan terhambat dan kegiatan sehari-hari dapat tersendat karena hampir seluruh aktifitas manusia modern saat ini bergantung pada alat pipih persegi panjang tersebut.

Karena penggunaannya yang multifungsi, seringkali kita mengalami kendala dalam memakainya.

Sebagai barang elektronik, HP tak dapat luput dari resiko kerusakan. Mulai dari baterai yang menggelembung atau bocor, layar yang sulit disentuh, atau kesulitan mengisi baterai saat di charge.

Kondisi ini tak dapat dibiarkan karena dapat merusak komponen yang lain pada Handphone.

Segera bawa HP anda ketempat reparasi alat elektronik kepercayaan atau ke toko resmi merk HP anda agar mendapat penanganan yang tepat.

Selain itu, komponen yang dibutuhkan relatif asli jika anda membawanya ke toko resmi merk hp tersebut sehingga tidak akan menimbulkan kerusakan lagi.

Jangan ragu untuk menanyakan terlebih dahulu cara memperbaiki HP android yang konslet sebelum anda memutuskan untuk membawanya ke tempat reparasi. Bisa jadi kerusakan yang anda alami hanyalah masalah ringan seperti penggantian baterai dan tidak perlu dibongkar.

Cara memperbaiki HP android yang rusak

Jika memang benar-benar terjadi kerusakan, sebaiknya periksa terlebih dahulu apa saja yang kira-kira perlu mendapat penanganan khusus.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara memperbaiki HP android yang konslet secara manual sebagai berikut:

Melepas rangkaian hard cover belakang Handphone

Sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut, langkah utama yang harus anda lakukan adalah melepas baut-baut kecil sebagai perekat hardcover belakang HP anda.

Langkah ini dapat dilakukan menggunakan alat khusus semacam pick gitar agar dapat melepas bagian yang masih menempel.

Perlu diingat bahwa meskipun terdengar sederhana, anda tetap harus melakukannya dengan hati-hati.

Jangan sampai ada komponen lain yang rusak disebabkan adanya kesalahan pada langkah ini.

Melepas komponen

Setelah melepas hardcover belakang dengan benar, langkah selanjutnya adalah melepas beberapa komponen yang terpasang pada bagian belakang HP seperti fingerprint, dan kamera.

Baru setelah itu anda dapat memeriksa apakah ada komponen yang konslet dengan cara memasang konektor PCB dan memberinya aliran listrik sebesar 3,7 volt.

Mendeteksi kerusakan

Anda sudah dapat mengetahui apakah HP anda benar-benar rusak dengan melihat jarum penunjuk amper. Jika naik, maka dapat dipastikan HP anda memang rusak.

Selain itu, rabalah PCB HP anda. Jika terasa panas, maka komponen HP anda harus segera diganti sebelum menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa trik sederhana yang dapat anda lakukan untuk memeriksa apakah HP anda memang rusak.

Jika anda belum mampu melakukan cara memperbaiki HP android yang konslet, sebaiknya bawalah ke tempat servis yang professional karena bisa jadi hasil pemeriksaan anda salah. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Joe

Nama saya Joestar, biasa dipanggil Joe. Saya menyukai hal-hal teknologi terutama pada Telepon yang saat ini terus mengalami perkembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *