Berhasil, Ini Cara Membuka Pola Hp Android yang Lupa

Demi memberikan rasa aman pada android smartphone milik semua orang, banyak orang lebih suka menggunakan dan memanfaatkan kunci pola yang terdapat di dalam HP android milik mereka.

Namun sayangnya, ternyata banyak orang sering kali lupa dengan kunci pola yang dibuatnya sendiri. Bahkan, terkadang ada juga orang lain yang telah berusaha untuk membuka pola kunci ini hingga melebihi dari batasan, karena memang tidak tahu dan lupa dengan polanya.

Jadi, bagaimanakah solusinya?

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan lupa terhadap kunci pola HP android milik Anda.

Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.Namun sebelum itu, sebaiknya Anda pahami dulu bahwa pada dasarnya pattren atau sering kali disebut juga dengan password android ini merupakan salah satu cara untuk mengamankan data pribadi milik Anda.

Mode ini berguna sekali untuk menghambat orang lain dan anak-anak yang ingin membuka kunci layar ponsel android milik Anda.

Lebih menariknya lagi adalah, karena panduan kali ini ternyata bisa digunakan untuk semua jenis merk android HP ataupun untuk tablet.

Sehingga, kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengatasi permasalahan pada password HP Android yang terlupa.

Selain hal itu, beberapa hal yang bisa membuat HP android milik Anda bisa terblokir dan juga terkunci adalah sebagai berikut ini:

  1. Karena HP yang lama tidak digunakan, sehingga Anda bisa lupa dengan kunci polanya.
  2. Bisa saja karena secara tidak sengaja atau bahkan sengaja, ada orang yang ingin membuka kunci dengan cara memasukkan password yang salah sampai berulang kali hingga membuat ponsel Anda menjadi terblokir.

Selanjutnya, bila sudah mengalami masalah ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini.

Manfaatkan Fitur Forgot Password

Jadi, ketika Android Anda belum terkunci, semoga saja HP Anda dalam kondisi terkoneksi oleh internet dengan baik.

Sehingga, bila sebelumnya Anda sudah pernah login ke dalam akun Google, seperti gmail pada android Anda, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari fitur forgot password ini agar Anda bisa membuka ponsel android milik Anda tersebut.

Setelah itu, masukkan saja username, beserta password akun Google milik Anda, dan pilih sign in.

Begini caranya:

  1. Internet harus dalam keadaan nyala.
  2. Silahkan asal-asalan memasukan pattern atau passwordnya.
  3. Kemudian, pilih forgot pattern/password di bawah.
  4. Nanti akan disuruh masukan username dan password akun google, silahkan masukan.
  5. Setelah selesai, pola android akan terbuka dengan sendirinya.

Lakukan Panggilan Telepon dari HP Orang Lain

Bila Anda masih gagal dengan cara yang pertama, karena tidak ada koneksi internet di HP android milik Anda, maka Anda bisa mengatasi permasalahan yang satu ini dengan cara menelpon HP yang telah terkunci. Setelah itu, cobalah angkat teleponnya namun jangan ditutup.

Sentuh tombol home pada menu dan bukalah menu pengaturan. Setelah itu, aktifkan dan nyalakan kembali kuota internet Hp android Anda atau nyalakan wifi Anda supaya Anda bisa sign in ke dalam akun gmail milik Anda. Dari sinilah  bisa membuat Anda bisa membuka hp android yang telah terkunci dengan mudah!

Pakai ADB pada CP

Dengan bantuan ADB yang terdapat di dalam control panel inilah Anda bisa memerintahkan ADP yang sudah terlinstal ke dalam hap android Anda ini dan USB debugging android yang telah terinstal dengan mudah untuk membuka hp android milik Anda tersebut. cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Jalankan dulu ADB dengan cara memerintahkan ADB service.
  2. Bila PC dan android telaht ersambugn, maka nanti akan keluar sebuah list of device attaced yang terdapat di dalam ID android milik Anda.
  3. Bila Anda menggunakan PIN untuk password Anda, maka tulis saja perintahnya, berupa adb shell rm data/system/password.key. anda juga bisa mengetik perintah agar dapat membuka layar yang telah terkunci ini dengan mengetik adb shell rm data/system/gesture.key.
  4. Terahir langsung ketik untuk adb root.

Dengan Mereset HP Android

Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk menghapus data di dalam pengaturan telepon, termasuk juga untuk menghapus sandi yang biasa digunakan untuk mengunci layar dan juga menghapus pengaturan aplikasi yang sudah diinstal.

Dengan menggunakan mode factory reset inilah Anda bisa membuka HP andorid yang telah terkunci karena Anda lupa dengan kunci polanya. Di bawah ini adalah cara menggunakan mode factory reset, antara lain:

  1. Matikan dulu HP Anda.
  2. Tekan tombol volume atas + tombol power + tombol home secara bersamaan. Sehingga, Anda bisa masuk ke dalam mode recorvery. Tunggu hingga beberapa saat hingga keluar tampilan berupa android system recovery.
  3. Bila sudah keluar seperti yang ada digambar di atas, maka langsung saja tekan tombol volume atas dan volume bawah. Sedangkan untuk memilih enter, Anda bisa menekan tombol home dan juga wipe data atau memilih factory reset.
  4. Selanjutnya, pilih yes dan tunggu hingga proses penghapusan data berhasil.
  5. Pilih saja Reboot system now, sehingga HP Anda akan menjadi seperti dalam setelan pabrik.

Menggunakan Android Device Manager

Sedangkan untuk cara yang selanjutnya kali ini adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari HP android, yaitu menggunakan Android Device Manager. Disanalah nantinya Anda bisa memilih tombol kunci perangkat.

Disinilah nantinya Anda bisa menggunakan tombol ini untuk mengembalikan pola kunci yang terlupa. Namun sebelum itu, pastikan bahwa Anda ingat dengan akun Google beserta sandinya yang telah tersinkron ke dalam HP Android Anda yang telah terkunci.

Anda bisa melakukannya dari HP yang lain ataupun dari PC agar dapat membuka HP Anda kembali dengan bantuan Android Device Manager ini.

You May Also Like

About the Author: Joe

Nama saya Joestar, biasa dipanggil Joe. Saya menyukai hal-hal teknologi terutama pada Telepon yang saat ini terus mengalami perkembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *