4 Cara Mengatasi Memory Card Tidak Bisa Diformat yang Benar

Untuk membuat ruang penyimpanan menjadi lebih longgar tentunya Anda memang harus mengetahui cara atasi MicroSd Error tidak bisa diformat yang sangatlah mudah.

Tentunya microSd kini memang digunakan untuk menambah ruang ataupun kapasitas penyimpanan pada sebuah ponsel.

Namun, terkadang apabila penggunaannya sampai full maka akan memunculkan adanya virus yang membuat microSD tersbut menjadi rusak. Hal tersebut ditandai dengan munculnya notifikasi ”Windows Was Unable to Complete The Format” ketika Anda ingin memformatnya.

Apabila tidak dapat diformat maka akan membuat sistem kinerja HP Anda menjadi lambat.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahui cara atasi microSD error tidak bisa diformat dengan sangatlah mudah.

Tentunya memiliki kartu SD yang rusak ataupun eror saat diformat maka akan mempengaruhi berbagai file yang ada di dalamnya karena bisa merusak isi mircroSD tersebut.

Ternyata seringkali melepas mircroSD juga bisa membuatnya menjadi rusak dan eror sehingga jangan terlalu sering mencopotnya.

Memiliki microSD yang tidak dapat diformat? Untuk mengetahui cara memformatnya yang paling mudah maka ketahui informasi lebih detailnya dalam uraian list yang terdapat di bawah ini.

Cara Mengatasi MicroSD Error Tidak Bisa Diformat yang benar:

Aplikasi SD Formatter

Cara yang pertama untuk mengatasi permasalahan microSD eror tidak bisa diformat yaitu Anda bisa langsung menggunakan aplikasi https://www.sdcard.org/downloads/formatter_4/index.html yang bisa di download langsung melalui play store.

Nah, cara menggunakannya sangatlah mudah yaitu Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dari aplikasi dari SD Formatter tersebut.

Aplikasi tersebut menjadi salah satu cara paling mudah dalam mengatasi memori card yang susah diformat.

Cara format MicroSd dengan komputer

Selanjutnya Anda juga bisa memformat microSD dengan komputer dengan klik kanan pada drive microSD yang akan diformat.

Caranya yaitu:

  1. Anda harus mengklik kanan drive microSD tersebut selanjutnya klik format.
  1. Lalu akan muncul tulisan FAT, FAT32, dan NTFS kemudian Anda bisa langsung memilih FAT untuk memformatnya.

Selain cara tersebut, Anda juga dapat menggunakan komputer untuk memformat microSD yang error dengan:

  1. Klik kanan pada memory card nya,
  2. Pilih properties, setelah itu klik tools kemudian pilih Check Now.
  3. Apabila Anda sudah mengkliknya maka akan muncul 2 opsi. Nah, Anda bisa langsung mencentang kedua opsi tersebut lalu klik Start.
  4. Anda bisa menunggu prosesnya terlebih dahulu kemudian ejject.

Format microSd menggunakan Comand Line

Untuk cara atasi MicroSd Error tidak bisa diformat yang terakhir maka Anda bisa menggunakan cara Comand Line.

  1. Apabila Anda belum mengetahui cara menggunakan command line yaitu bisa langsung dengan menekan icon Win+R untuk membuka menu perintah run lalu muncul cmd, setelah itu tekan enter.
  2. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan cara manual yaitu FORMAT H:/FS:FAT yang berada pada sebuah papan hitam yang muncul di dalam comand line.
  3. Setelah itu, dalam waktu beberapa menit maka microSD dapat dikosongkan ataupun format telah dinyatakan telah berhasil.

Hapus File Satu persatu

Kemudian langkah yang selanjutnya Anda juga mengatasi microSD error dengan menghapus file satu persatu agar salah satu file yang terkena virus dapat terdeteksi.

Apabila file tersebut dapat diketahui maka Anda bisa menghapusnya kemudian memidahkan terlebih dahulu file yang lainnya.

Dengan demikian maka akan memudahkan Anda dalam memindahkan file penting dalam sebuah fordel sehingga tidak akan terhapus apabila Anda memformatnya secara otomatis.

Jadi, sebelum melakukan cara yang dijelaskan sebelumnya maka Anda bisa menggunakan cara manual yaitu dengan menghapusnya satu per satu.

Itulah seputar informasi mengenai cara atasi MicroSd Error tidak bisa diformat yang paling mudah untuk dilakukan oleh Anda.

You May Also Like

About the Author: Joe

Nama saya Joestar, biasa dipanggil Joe. Saya menyukai hal-hal teknologi terutama pada Telepon yang saat ini terus mengalami perkembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *